2 Metode Umum Peramalan

Peramalan(Forecast)

Metode Peramalan

1. Peramalan Subyektif.
     Menekankan pada keputusan-keputusan hasil diskusi, pendapat pribadi dan institusi.
     - Metode Delphi.    
       peramalan yang didasarkan pada keputusan         bersama dari suatu grup yang terdiri dari para ahli     yang berbeda.
    -  Metode Penelitian Pasar :
       metode ini menganalisa fakta secara sistematis pada       bidang yang berhubungan dengan pemasaran. (teknik     survei konsumen : kuisioner).

2.Peramalan Obyektif.
   Prosedur peramalan yang mengikuti aturan-  aturan matematis dan statistik.
Metode Intrinsik
   Peramalan yang hanya berdasarkan proyeksi permintaan histories tanpa mempertimbangkan faktor-faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi besarnya permintaan.
Untuk peramalan jangka pendek, Analisis deret waktu (Time Series)
Metode Ekstrinsik
   Memepertimbangkan faktor-faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi besarnya permintaan dimasa datang.
Peramalan jangka panjang, karena dapat menunjukkan hubungan sebab-akibat  (disebut metode kausal), Metode Regresi.